How To Be ‘Pro’

​Insight malam..

Kemarin malam, sembari menunggu jalannya operasi seorang teman, saya mengisi waktu bermain catur dengan teman saya yang lain. Pertandingan catur tersebut kami lakukan di hp. Pertarungan berjalan cukup seru. Saya berinisiatif menyerang, sedangkan teman saya sangat berhati-hati dalam bertahan.

Cheese

Aplikasi catur di google playstore

Hingga akhirnya saya harus pakai strategi memberikan umpan untuk dimakan, agar pertahanan lawan terbuka. Strategi tersebut berhasil. Tukar menukar serangan terjadi. Sampai di satu titik, teman saya lengah dan saya berhasil memakan sang panglima. Rekan sayapun ingin langkah2nya diulang. 
Ternyata langkah2 tersebut tak dapat diulang, karena kami sudah menyetel pertandingan tersebut di level pro, bukan amatir (nggaya hehe). Dan salah satu konsekuensinya adalah tak dapat mengulang langkah. Pas kebetulan juga operasi teman sudah berakhir sehingga akhirnya kami tak melanjutkan permainan.

Ada satu insight yang saya dapat, yaitu ketika kita mau dilabeli orang yang ‘pro’, kita harus menyadari bahwa kita harus menjadi pribadi yang berani melangkah sekaligus berani tetap maju dan memperbaiki diri ketika salah. Itu sebabnya sebelum melangkah kita perlu mempertimbangkan masak2 langkah seperti apa yang akan kita ambil, konsekuensi apa yang akan kita tanggung, pengorbanan seperti apa yang harus kita lakukan, dan hasil seperti apa yang kita harapkan. Tak ada kata mengulang langkah. Hanya yang amatir saja yang diberi kesempatan mengulang. 

Suatu saran sederhana yang mungkin dapat menolong kita adalah, berdoalah sebelum melangkah. 

Yuk, kita belajar menjadi profesional. 

Salam bagi para pembelajar profesional.. yeah.. 

Leave a Reply

