Retreat 2015, One Accord in Harmony

Hellow GPGHerss…

Inilah sekelumit cerita tentang retret kita yang lalu.. :’)

Retret kita berlangsung tanggal 21-22 Juni 2015, bertema ‘One Accord in Harmony’, pembicaranya adalah Bang Hendy dari Jakarte..Untuk tempatnya, seperti tahun lalu dan tahun lalunya hehe, kita ambil tempat di Hotel Kledung (perbatasan Wonosobo-Temanggung).

So, lets begin..

Kita berangkat bareng-bareng naek bus dari GPGH di siang bolong pada hari minggu 21 Juni 2015. Sesampainya di lokasi, kita lanjutken dengan Ibadah Pembuka, yang mana sekalian juga Sesi I.

Ibadah Pembuka+Sesi I. Speaker :  Bapak Gembala

Dalam sesi ini Bapak Gembala mengingatkan setiap kita dapat menjadi saksi di luar rumah/gereja (menjadi terang), maupun juga di dalam rumah/gereja (menjadi garam). Untuk mewujudkan hal tersebut kita perlu memiliki persatuandan kesatuan yang didasari oleh pertobatan yang benar. Diawali dari percaya, bertobat, mengalami baptisan air, dan penuh Roh Kudus.

Persatuan dan kesatuan (PK) adalah kehendak Kristus (Yoh 17:21-23), PK juga berkhasiat dalam doa (Mat 18:19-20). Dengan PK kita bisa saling membantu dan menolong dalam kesusahan (Pengk 4:9-12), saling menyemangati (Kis 18:5). Kita perlu meneladani jemaat mula-mula di Kis 2:44-46.

Di sis lain waspadalah, sebab Iblis adalah pemecah belah (Luk 11:17-18; Ef 4:1-6). Biarlah kita dapat menjaga PK kita sehingga nama Tuhan dipermuliakan (Ef 4:1-6; Gal 3:27-29).

Setelah itu kita ada bagi-bagi kamar, bagi kelompok game pertama, dan juga snack J. Oo iya untuk edisi retret ini yang bikin game nya adalah para darah muda lho, mas Alvin, romo eh mas Firman, dan Johan Alda.. trus tiap game, anggota kelompoknnya diacak lagi..dan… para panitia (maksude yang dah lumayan berumur wkwk) bisa ikutan juga gamenya.

Oya untuk pemilihan King n Queen tahun ini juga berbeda dengan sebelumnya. Tahun ini King n Queennya dinilai dari point keaktifan, pelayanan dan keberhaslian dalam game selama retret..jd bukan sistem voting lagi hehe.

Trus, ada lagi yang seru, yaitu misteri Mafia.. jadi para peserta diminta untuk menebak siapakah mafia yang ada dalam retret tersebut.. identitas mafia akan diberitahukan di akhir retret..hewhewhew

Abis itu kita masuk kamar, melakukan mandi dan bersiap-siap untuk makan malam yang dilanjutken sesi II. Yuk makan..

Sesi II. Speaker : Bang Hendy

Di sesi ini meletakkan dasar-dasar dalam persatuan dan kesatuan (PK). Kita perlu menyadari bahwa kita perlu berkumpul dengan tekun untuk semakin dikuduskan sesuai kehendak Tuhan (Kis 2:46). Dasar iman kita juga harus mantap, jangan asal. Kita perlu ‘tahu dengan pasti’ mengenai karya Kristus yang menyelamatkan kita (Kis 2:36). Mulailah dengan pengakuan yang jujur mengenai setiap dosa dan pelanggaran kita, seperti orang-orang yang menjadi terharu setelah mendengar kotbah Petrus (Kis 2:37).

Menerima Roh Kudus merupakan satu kebutuhan utama dalam hidup kita. Sebab Roh Kudus yang memampukan kita untuk hidup berkenan di hadapan Tuhan. Roh Kudus pula yang dapat mengerjakan keharmonisan dalam hidup kita dengan sesama.

Tuhan berjanji untuk memulihkan, memberi hati dan roh baru bagi setiap mereka yang datang dengan sungguh-sungguh pada-Nya (Yeh 36:25-29). Karenanya, mari berikan diri untuk diselamatkan dari angkatan yang jahat/bengkok hati ini (Kis 2:40). Tobat tobat !!

Abis sesi II, kita ada game lagi, trus snack malam..inuk, yummy..

Dan selanjutnya dilanjut dengan kongkow bareng mbahas tentang memahami kecerdasan yang dimiliki oleh tiap pribadi. Jadi, jangan sampai kita mencap bahwa orang yang tidak cerdas di matematika berarti bodoh, belum tentu, sebab dia bisa memiliki kecerdasan lain yang tidak kita miliki.

Lalu kita juga belajar berpikir jauh ke depan, 5 tahun lagi, 10 tahun lagi, 20 tahun lagi, tentang hal-hal yang kita inginkan terjadi dalam hidup kita. Ya intinya biar kita punya perencanaan dalam hidup ini. Okeh, abis itu kita bo2 cantik dan bo2 ganteng bersama…zzzz..*ngorok*…*ngentut*..

Doa pagi 05.00AM

Di tengah hawa dingin kledung yang menusuk menembus sampai ke kulit, para GPGHers menembus gelapnya dini hari untuk berkumpul doa pagi (dopa). Di dopa ini Mbak Roo mengingatkan kita untuk memperhatikan keadaan setiap kita (Hag 1:1-10). Bangunlah bait Allah dalam hidup kita dengan bahan yang benar, jangan hanya dari kayu atau jerami. Mudah lapuk,keropos, dan terbakar. Kuasai diri dan jadilah tenang supaya kita dapat berdoa (I Petr 4:7), milikilah penguasaan diri dengan pimpinan Roh Kudus (Gal 5:22-23), jangan mudah kuatir dan memikirkan perkara di bawah yang duniawi (Mzm 55:23).

Abis doa pagi, kita mandi lageee untuk kemudian breakfast alias sarapan

Sesi  III. Speaker : Bang Hendy

Di sesi ini Bang Hendy menerangkan bahwa ketika kita menyerahkan hidup kita pada Tuhan dan dipimpin Roh Kudus, maka Tuhan membela dan memperjuangkan hidup kita dengan mati-matian (Mzm 138:3,7,8). Tuhan tidak menginginkan kita binasa.

Itu sebabnya kita perlu sadar diri. Harus mau terpisah dari segala keduniawian, termasuk juga dalam hal pasangan hidup, bacalah II Kor 6:14-18. Harus mau memisahkan diri agar kita diterima Tuhan. Kerjakan keselamatan dengan takut dan gentar.

Dengan demikian, maka akan terjadi PK dalam hidup kita, dan ketika PK terjadi, maka kita akan disukai, bahkan Tuhan akan menambah jumlah bilangan jiwa-jiwa (Kis 2:41-47). Biarlah hidup kita dapat digunakan sebagai alat bagi Kerajaan Allah (Rom 13:12-14).

Setelah sesi III, kita ada snack lagi, dan kemudian dilanjutkan game-game..

Kemudian, kita memasuki ibadah penutup sekaligus sesi IV..hiks..*tear*

Ibadah Penutup+Sesi IV. Speaker : Bapak Gembala

Dalam ibadah penutup ini, Bapak Gembala mengingatkan kita untuk dapat bergerak bersama dalam roh dan cara yang sama. Jangan mudah terbawa arus tren ataupun kegerakan dunia ini, baik dalam kehidupan maupun dalam ibadah. Jangan tiru-tiru. Seperti Titus, yang dikatakan Rasul Paulus memiliki roh dan cara hidup  yang sama.

Selain itu Bapak Gembala juga mengingatkan agar kita tidak menggunakan nama Tuhan dengan sembarangan, terlebih jika digunakan untuk berolok (Kwl 20:7; Mat 12:21-32).

Selepas firman Tuhan, Bapak Gembala menutup retret kita…

Seusai ditutup, diadakanlah pengumuman tentang hasil lomba-lomba dan tentu saja….King n Queen..yayyy *jingkrak2*..selamat yah buat para pemenang dan juga King n Queen *jabattangansambildigoyang2*

Eitss..lalu diumumkanlah siapa sebenarnya Mafia dalam retret tersebut. Ada 3 orang Mafia..siapa saja mereka? Rahasia…(yg retret pasti tau hehehe)

Setelah itu, kita beres-beres, packing, foto bareng dan diakhiri makan siang bersama…serta naik bus tentunya..

Dengan demikian retretpun diakhiri….

Terima kasih untuk semua pihak yang sudah berpartisipasi dalam retret ini..

Tuhan memberkati setiap kontribusi  kita sekalian.. AMIN…

Salam One Accord in Harmony… mari berdiri melingkar, ulurkan tangan, kemudian….sssssooooo…. *sumetmercon*…  dadahhh..

GBU all…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: