Cara Mengganti Karet Tuts Keyboard ROLAND

Sekitar beberapa bulan belakangan ini, saya agak terusik dengan bunyi beberapa tuts di keyboard yang lebih keras dibanding tuts-tuts lain. Terlebih ketika harus digunakan untuk mengiringi lagu-lagu lembut di gereja, suara keras dari tuts itu terdengar jelas berbeda dengan tuts lain.

Lalu, saya googling dan menemukan bahwa kemungkinan masalah ada pada karet tuts tersebut. Entah karetnya kotor, atau sobek. Selanjutnya saya ke youtube untuk mencari video cara memperbaiki atau mengganti karet tuts keyboard Roland. Sayapun mengunduh beberapa video mengenai topik tersebut.

Sebenarnya saya ada dua opsi. Pertama, membawa keyboard tersebut untuk diperbaiki di kota yang lebih besar, seperti Semarang atau Jogja. Kedua, mengganti karet tuts sendiri, yang mana saya belum pernah melakukannya. Dan dengan nekatnya, saya memilih opsi kedua (nekat atau ngirit?hehe)

Masalah selanjutnya adalah saya berada di kota Wonosobo, di mana tidak ada toko peralatan musik yang menjual karet tuts keyboard. Lalu saya menghubungi teman saya, Tora, di Semarang, untuk memesan karet tuts keyboard Roland tersebut. Tak beberapa lama, saya dikabari bahwa barang tersebut ada.

Keesokan harinya, paket karet tuts itu tiba.

karet tuts yang lama

karet tuts yang lama

Bagaimana cara mengganti karet tuts keyboard roland?

Oke, saya mulai. Pertama adalah sediakan obeng plus untuk membuka baut-baut keyboard. Setelah baut-baut dilepas, buka casing keyboard. Hati-hati, terlebih kalau bersentuhan dengan rangkaian PCB. Usahakan jangan sampai menggores PCB. Eh iya, baut-bautnya jangan sampai hilang, nanti repot kalau hilang.

rangkaian

rangkaian bagian dalam keyboard

Sehabis casing keyboard dibuka, kita akan dapat melihat bagian body yang khusus menjadi tempat rangkaian tuts. Usahakan untuk mengeluarkan tuts-tuts tersebut dari body keyboard (mungkin langkah ini dapat berbeda dengan keyboard merk/tipe lain).

Setelah dapat dipisahkan, lepaslah tuts-tuts itu dari dudukannya, diawali dengan melepas per tuts.

tuts dilepas

tuts dilepas

Jika tuts sudah dilepas dari dudukannya, kita akan melihat karet tuts keyboard tersebut. Carilah bagian karet dari tuts yang bermasalah.

Kalau sudah ketemu, tariklah karet tersebut agar lepas dari PCB. Biasanya karet tersebut sepanjang satu oktaf. Tarik dengan hati-hati dan perlahan-lahan.

Nah setelah lepas, gantilah dengan karet tuts yang baru. Pasangkan dengan tepat, jangan sampai terbalik. Kemarin saya sempat memasang terbalik, alhasil tutsnya malah tidak berbunyi.. hehehe

Oya memasang karet tuts juga hati-hati, usahakan benar-benar menempel. Kalau saya, kemarin menggunakan ujung atas pensil untuk membantu menancapkan kaki-kaki tuts pada lubang PCB.

Setelah karet tuts menempel dengan baik, pasang kembali tuts pada dudukannya. Lalu, kembalikan bagian tuts ke dalam body keyboard. Hati-hati, jangan sampai ada kabel yang tertarik. Hati-hati juga ketika harus menarik atau menyambung kabel ke PCB (bila diperlukan).

Jika memungkinkan, coba terlebih dahulu apakah tuts tersebut berbunyi atau tidak dengan menyambungkan keyboard pada sumber daya listrik.

Langkah selanjutnya adalah satukan dan tutup lagi casing keyboard Roland.

Akhirnya, tuts itu tidak lagi bermasalah🙂. Thanks GOD.

  Catatan :

  • Alat-alat yang diperlukan (minimalis banget) : Obeng plus, tempat untuk menaruh baut-baut, senter (kalau saya sih pake senter dari hp aja), obeng kecil (bila perlu)
  • Kalau memang tidak mantap untuk memperbaiki sendiri, lebih baik dibawa ke tempat servis saja
  • Cara pengerjaan dapat berbeda-beda, tergantung merk dan tipe keyboard, dan pengalaman (kalau saya sih masih amatiran, jadi harap maklum hehehe)
peralatan yang dipakai

peralatan yang dipakai

2 Responses to “Cara Mengganti Karet Tuts Keyboard ROLAND”

  1. Tanda karet supaya tidak terbalik apa gan ? Saya juga mau ganti karet nih ?

    • yesaya sihombing Says:

      diperhatikan posisi awal tutsnya gan..kn sblm diganti kita bisa liat dlu karet tuts lamanya sperti apa..

Leave a Reply

