Retreat Remaja-Pemuda GPGH 2013 : Independence

Selayang Pandang

Retreat Remaja-Pemuda GPGH tahun 2013 diadakan tanggal 23-25 Juni 2013. Tema yang diusung pada retreat kali ini adalah Independence. (independence kata benda. Berarti : kemerdekaan, kebebasan. Sementara independent kata benda. orang yang tidak berpartai. –kata sifat. Artinya 1 merdeka. 2 sendiri. 3 yang berdiri sendiri (mandiri), yang berjiwa bebas. 4 bebas. Pembicara retreat kita adalah Pdm.Yusuf Setiawan, M.Th dari Rehobot Ministry Jakarta.

Tempat yang digunakan pada retreat Independence kita adalah Hotel Kledung Pass, sekitar 23,5 Km dari Wonosobo.

Perjalanan kita tempuh dengan menggunakan bus. Start dari GPGH tercinta, kita menuju ke Kledung. Dari hawa panas siang yang begitu kentara di Wonosobo, semakin naik semakin kita merasakan perubahan hawa. Yak, semakin dingin..hehehe. itulah sebabnya para peserta sudah diwanti-wanti untuk membawa ‘selengkap senjata retreat’ (halah), semacam jaket, kaus kaki, kaus tangan, kupluk, dll.

Hotel ini dapat dikatakan sangat strategis, karena berada di antara Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Kita dapat melihat pemandangan yang sangat indah. Belum lagi di sekitar hotel terbentang area perkebunan tembakau. Nuansa segar sangat terasa. Makan 3x, snack 3x, dengan ragam menu yang bervariasi menambah nyaman (sekaligus bobot badan?hehe) para peserta.

Eh iya, tapi retreat bukan hanya untuk senang dan hepi2. Maka ada ibadah-ibadah, sesi-sesi, sharing-sharing, games, outbond, pemilihan ‘raja dan ratu’, dan acara-acara lain yang diikuti dengan prinsip sersan (serius tapi santai hehe).

Retreat berlangsung selama 3 hari 2 malam. Pada akhirnya kita harus pulang dan kembali ke aktivitas keseharian kita masing-masing. Thanks God untuk semuanya . Salam indepence😀

Ibadah dan Sesi-sesi

Ibadah Pembukaan

Retreat dibuka oleh Gembala Sidang kita, Pdt.J.S.Sihombing. Di ibadah ini, firman Tuhan dibawakan oleh Pdt.Denny Sambeka, SH. Beliau mengingatkan para GPGHers untuk dapat memanfaatkan waktu yang diberikan Tuhan. Masa muda tak akan terulang kembali. Berikan waktu spesial untuk Tuhan. Termasuk retreatpun adalah waktu spesial yang takkan terulang, karenanya manfaatkan dengan baik.

Sesi I

Malam harinya, kita mulai sesi I. Kak Yusuf menjabarkan tentang arti kemerdekaan yang ternyata begitu luas. Pada sesi ini dijelaskan mengenai kemerdekaan dari keterikatan Iblis. Ternyata banyak orang yang sudah menerima Kristus tapi tetap belum merdeka dari Iblis. Padahal sejatinya, manusia diciptakan untuk bermitra dengan Allah dan mengalahkan Iblis. Manusia diciptakan segambar dan serupa dengan Allah untuk menjadi rekan kerja Allah (ayat-ayat  : Yoh 8:30-36; Kej 1:27-28; Kej 2:7; Peng 12:7; Gal 6:7; Rom 3:23; II Kor 11:3; I Petr 2:16).

Sharing Kamar

Setelah menyantap snack malam, kita masuk ke kamar masing-masing, bersama para koordinator kamar. Jarang-jarang kita berkumpul bersama dan disatukan dalam kamar bersama. Di kamar kita berdoa bersama, sharing bersama, dari masalah A-Z, tentang ini dan itu, juga share bau badan dan bau kentut bersama hehe.. Masih ingatkah kita dengan teman kamar kita masing-masing? yuk tetap keep in touch ya dengan teman-teman kamar maupun seluruh GPGHers sekalian.

Doa pagi

Di doa pagi kita belajar tentang bagaimana hidup dalam kasih sebagai seorang Kristen. Tidak perlu membalas kejahatan dengan kejahatan, tetapi balaslah dengan kebaikan (Rom 12).Ilustrasi yang dipakai adalah kisah orang-orang di Jerman yang di masa lalu dipisahkan oleh tembok Berlin. Orang Jerman Timur di perbatasan tembok selalu melemparkan barang-barang busuk ke daerah Jerman Barat. Sedangkan orang Jerman Barat melemparkan makanan, barang-barang terbaik ke Jerman Timur. Orang-orang Jerman Barat itu berkata, “kami hanya melemparkan apa yang kami punya”. Aseeekk..

Sesi II

Esok harinya, di sesi II kita belajar tentang kemerdekaan dari natur dosa. Kita dapat merdeka hanya oleh anugrah Allah. Namun demikian, jangan sampai kita hanya menjadikan Tuhan sebagai tukang sapu dosa kita. Kerjakan keselamatan dengan takut dan gentar, usahakan kita layak di hadapan-Nya, jangan menyalahgunakan atau meremehkan anugrah-Nya (ayat-ayat : Rom 6:23; Why 20:14-15; Rom 3:23; I Yoh 1:7; Rom 6:15-23; Ef 2:11; I Yoh 2:6; I Yoh 1:9).

Sharing Bareng

Lalu di senin pagi jelang siang kita ngobrol-ngobrol tentang cinta. Di sesi ini Pak Yer dan Bu Yer berbagi tentang kisah cinta mereka😀. Juga ada share dari teman-teman sekalian. Masalah cinta memang selalu mewarnai kehidupan anak muda, tapi bisa bahaya kalau salah jalan.

Sesi III

Selepas makan siang, kita masuk ke sesi III. Di sesi ini Kak Yusuf membahas tentang kemerdekaan dari tubuh maut. Seperti yang dikatakan Paulus di Rm 7:21-24, seringkali ketika kita ingin melakukan yang baik, yang buruklah yang muncul. Habis berbuat dosa, bertobat, eh..tak lama kemudian berbuat dosa lagi. Karenanya kita perlu memperbaharui mindset kita. Metamorfosa, perubahan pola pikir. Bukan cuma nggeblak2 atau manifestasi di retreat atau KKR, tapi kudu ada perubahan pola pikir. Sadari bahwa kita bukan dari dunia ini, kita adalah milik Allah, dan tujukan pikiran kita kepada-Nya dan kerajaan-Nya, bukan pada dunia. Tidak mudah tentunya, butuh proses. (ayat-ayat : Fil 3:19; Rm 13:14; Yoh 15:19; I Yoh 2:16)

Sharing Bareng

Di sore harinya, kita kumpul dan sharing bareng dengan Om Denny Sambeka. Kita mengorek-orek Mark 4:35-41. Di sana kita bisa diminta untuk meneliti apa yang menjadi kesalahan-kesalahan para murid kita mereka berlayar bersama Yesus. (masi ingat tentang para murid tidak bawa kopi?hehehe). Ya, jangan sampai kita mengulang kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh murid-murid Yesus.

Sesi IV

Di malam harinya, kita memasuki sesi terakhir. Di sesi ini Kak Yusuf mereview kembali apa yang sudah dijelaskan di 3 sesi sebelumnya. Tugas kita sebagai remaja-pemuda Kristen adalah mengisi kemerdekaan yang sudah diberikan Tuhan. Pergunakan waktu dengan baik dan bijak. Jadilah pelaku-pelaku firman.

Jangan seorang pun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.

I Tim 4:12

Ibadah Penutup

Di ibadah penutup para peserta diberi kesempatan memberi pesan dan kesan. Sungguh waktu berharga yang telah kita lewati bersama. Terima kasih untuk semua pihak yang telah mendukung dan bekerjasama hingga retreat Independence dapat berjalan dengan lancar. Tuhan memberkati.

Api Unggun

Malam harinya, ada acara api unggun, sekaligus talent show GPGHers, ajang di mana GPGHers menunjukkan bakat-bakat yang selama ini tak begitu tampak hehehe.. Setiap kelompok menyajikan atraksi drama dengan tema berbeda-beda. Ada yang dapat tema Jupe vs DP, kisah Eyang Subur, Yuni Shara – Raffi Ahmad, serta Habibie – Ainun.

Beragam jalan cerita dan karakter tokoh membuat suasana makin hangat, diiringi banyolan-banyolan serta canda tawa para peserta, dan jangan lupa juga kentut-kentut yang menjalar tak terbendung😀. Tentunya ini bukan sekedar main-main, tapi ada nilai-nilai yang dapat diambil dari tampilan kisah-kisah tersebut.

Out Bond

Setelah 2 hari menerima beragam materi dan insight dari para narasumber, di hari ketiga kita outbond. Peserta yang sudah terlebih dahulu dibagi dalam kelompok-kelompok dimandati untuk menyelesaikan setiap tugas yang ada di pos-pos.

Di sini dituntut kerjasama, kreativitas, leadership, kecekatan, dll. Para peserta mau tidak mau harus berinteraksi dengan teman-teman kelompoknya yang berbeda karakter. Bersyukur, setiap kelompok dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik, dengan cara penyelesaian mereka masing-masing. Dan pada akhirnya, ketika harus ada yang kalah dan menang, maka tim dengan nilai tertinggilah yang menang. But, ingatlah bahwa ketika kita dapat bekerjasama dan merendahkan hati dalam tim, itu juga adalah kemenangan.

GBU

(tulisan ini dimuat juga dalam buletin GRAZIE edisi Juli 2013)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: