Tikhikus

Mendapat teman seperti Tikhikus merupakan dambaan hampir setiap orang, terlebih bagi pemimpin. Dikatakan dalam surat Kol 4:7, bahwa Tikhikus adalah : saudara yang kekasih, hamba yang setia, dan kawan pelayan dalam Tuhan. Beberapa kali Tikhikus tercatat dalam surat Paulus (Kol 4:7, II Tim 4:12, Tit 3:12, Ef 6:21, Kis 20:4). Dapat dikatakan bahwa dia adalah orang kepercayaan Paulus, sebab Tikhikus seringkali dipercaya sebagai utusan Paulus. Dia diutus Paulus ke jemaat-jemaat yang berhubungan dengan Paulus, untuk memberitahukan kondisi dari pelayanan Paulus yang sebenarnya bagi jemaat-jemaat yang ingin mengetahui hal tersebut. Bukan itu saja, Tikhikus juga dapat menghibur hati jemaat yang rindu bertemu Paulus (Kol 4:8).

Jika Tikhikus dipercaya untuk memberi kabar pada jemaat-jemaat tentang hal ihwal Paulus, itu artinya Tikhikus memiliki perkataan yang dapat dipercayai, dia dapat menyampaikan dengan benar apa yang terjadi dalam kehidupan Paulus. Betapa miris, jika teman di dekat kita justru menyampaikan hal-hal yang tidak tepat mengenai kita kepada orang-orang luar. Namun nyatanya, justru banyak yang seperti itu, bahkan terkadang malah dibumbui dengan pendapat-pendapat negatif yang tak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sungguh menyenangkan bagi Paulus memiliki seseorang yang dipercaya untuk merepresentasikan diri dan kondisi Paulus secara tepat. Betapa bergunanya kehidupan Tikhikus. Kita tentu ingin memiliki teman seperti Tikhikus. Namun sejatinya, terlebih penting lagi bila kita dapat belajar dari Tikhikus, belajar untuk menjadi orang yang dapat dipercaya bagi orang-orang di sekitar kita. Belajar untuk berguna dan bermanfaat –bukan malah merugikan–  bagi orang-orang di sekitar kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: