Rahasia Jokowi di Masa Kecil

TEMPO.CO, Jakarta – Mengetahui putranya ikut dalam pertarungan menjadi orang nomor satu di Ibu Kota Indonesia, ibunda Joko Widodo, Sudjiatmi Notomihardjo, angkat bicara.

Menurut perempuan berusia 70 tahun ini, sosok kepemimpinan Jokowi sudah terlihat sejak kecil. Sebagai sulung dari empat bersaudara, Jokowi menjadi panutan bagi tiga adik perempuannya.

“Dari kecil sudah kelihatan dia anak yang bekerja keras dan pantang menyerah,” kata Sudjiatmi di Posko Pemenangan Jokowi-Ahok, Rabu, 11 Juli 2012.

Menurut Sudjiatmi, sejak menginjak sekolah menengah pertama, Jokowi sudah mulai mendidik adik-adiknya dengan disiplin.

Sebelum memutuskan menjadi calon gubernur DKI Jakarta, Sudjiatmi mengatakan putranya meminta restunya terlebih dahulu. “Saya restui,” ujar wanita yang mengenakan busana muslim berwarna hijau ini.

Bagi Sudjiatmi, iklim politik di Jakarta lebih keras. Oleh karena itu, ia berpesan supaya Jokowi tidak melupakan nilai-nilai luhur yang pernah diajarkannya. “Semoga ia tetap jujur, kerja keras, dan istikamah,” katanya.

Sudjiatmi berharap Jokowi bisa terus memimpin dalam perolehan suara pemilihan gubernur DKI Jakarta. Sama seperti sang anak, ia tak mau sesumbar perilah siapa yang bakal jadi pemenang. “Ini kan masih sementara. Mudah-mudahan nanti bisa menang terus,” katanya sambil tersenyum malu.

Sebelum pencoblosan, sang ibu bercerita keluarga besarnya sempat mengadakan pengajian di Surakarta. Di posko pemenangan ini, hanya sang ibu yang terlihat mendampingi Jokowi. Adapun istri Jokowi ataupun tiga adik perempuannya–Iit Sriyantini, Hidayati, dan Titik Ritawati–tak tampak.

Sebelum menutup pembicaraan, sang ibu sempat bercerita mengenai makanan kesukaan Jokowi. Wali Kota Surakarta ini ternyata gemar makan pisang rebus dan kacang rebus.

ANANDA W. TERESIA

Sumber: http://m.tempo.co/2012/07/11/416347/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: