Antara Mesin Pemutar Waktu dan Mesin Penghapus Memori

Jika saja, tubuh manusia diberi 2 fasilitas khusus, yaitu: mesin pemutar waktu ke masa lalu, dan mesin penghapus memori masa lalu, lalu anda diberi pilihan untuk menggunakan atau tidak menggunakan fasilitas tersebut. Dan jika anda menggunakan fasilitas tersebut, anda hanya diperkenan untuk memilih salah satu saja.
Maka, apakah anda akan menggunakan fasilitas tersebut? Kalau iya, anda akan pilih yang mana?

Entah anda merasakan atau tidak, namun terkadang saya tergoda untuk berandai dapat mengulang masa-masa yang telah lalu, di mana saya berbuat banyak kesalahan. Saya ingin mengulang untuk dapat memperbaiki kesalahan-kesalahan saya. Ataupun jika tidak dapat diulang, setidaknya memori tersebut dapat dihapus.

Waktu yang berlalu, tahun-tahun yang telah dijalani, seharusnya membuat manusia secara alamiah mengalami perkembangan cara berpikir, bertindak, dll, boleh juga disebut perkembangan kedewasaan. Perkembangan kesadaran manusia terkadang (atau malah sering) membuat manusia menyadari apa yang dulu pernah dibuatnya ternyata salah. Alhasil, hanya penyesalan yang menghantui perjalanan hidupnya, tak dapat menghadapi kenyataan masa kini, susah pula untuk merencanakan masa depan.

Satu hal yang sering luput dari perhatian kita adalah, perkembangan kesadaran dan kedewasaan seseorang berhubungan juga dengan kedewasaan untuk dapat menerima dengan arif kesalahan-kesalahan di masa lalu, dan dapat memaafkan/mengampuni dirinya sendiri. Hm, jika kesalahannya berhubungan dengan orang lain, tentunya dapat mengampuni orang lain pula.

Awal dari post saya adalah,’jika saja’. So, tentunya pilihan-pilihan fasilitas yang ditawarkan di atas adalah sesuatu yang tidak mungkin, hil yang mustahal, hal yang mustahil.
Alangkah baiknya kita dapat menerima setiap kesalahan-kesalahan masa lalu kita, belajar dari kesalahan-kesalahan tersebut untuk menjadi seorang pribadi yang lebih arif dan juga pengampun bagi diri sendiri maupun orang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: