Sisi Positif Rasa Takut dan Rasa Bersalah

Seringkali orang menganggap rasa takut dan rasa bersalah merupakan hal yang tabu dan tidak dibenarkan. Memang, banyak ayat dalam Firman Tuhan yang mengatakan jangan takut. Namun demikian, ayat2 tersebut tidak mengatakan pada kita agar kita boleh untuk ‘terlalu berani’.

Pada batas tertentu, rasa takut diperlukan agar kita waspada. Sebagai contoh, rasa takut salah memilih jodoh seharusnya membuat kita waspada, dan tidak mencari pasangan hidup atau memutuskan untuk menikah dengan prinsip semau gue/sakgeleme dhewe.. Kalau kita terlalu berani dan mengabaikan prinsip-prinsip firman Tuhan, bisa jadi pernikahan kita akan amburadul..

Lalu tentang rasa bersalah. Hampir dalam setiap kesempatan, entah di KKR, atau kebaktian pemulihan, atau apapun namanya, rasa bersalah seakan menjadi momok yang harus diberantas. Tentu tidak salah, bahkan sangat benar. Namun yang ingin digarisbawahi dalam hal ini adalah pada batas tertentu rasa bersalah itu memiliki nilai positif. Rasa bersalah dapat membuat orang lebih hati-hati dalam kehidupan ini. Orang yang pernah membuat kesalahan tentunya akan lebih hati-hati ketika dia dihadapkan pada situasi yang membuatnya dapat kembali melakukan kesalahan. Contoh simpelnya, seorang siswa yang pernah salah menjawab pertanyaan dalam sebuah pelajaran tentu akan lebih hati-hati ketika dia dihadapkan pada pertanyaan yang sama.

So, maksud tulisan ini bukan untuk mematahkan pendapat tentang diharamkannya rasa takut dan rasa bersalah dalam kehidupan kita. Tulisan ini hanya ingin memaparkan betapa ketakutan dan rasa bersalah-pada batas tertentu-mempunyai sisi positif bagi kehidupan kita.

5 Responses to “Sisi Positif Rasa Takut dan Rasa Bersalah”

  1. mantap om yes^^

  2. nice..!!🙂 ada keberanian karena ada ketakutan.
    takut yg positif : takut berbuat jahat, takut berbohong, takut korupsi, takut akan Tuhan..dll😛

  3. Yesa, thanx ya ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: