Tentang Otak Manusia

Seperti dikutip dari MSN Health, Rabu (6/10/10), ada fakta-fakta lain mengejutkan dari otak:

1. Bola mata adalah perpanjangan dari otak
Seandainya tengkorak manusia dibuka lalu otaknya dikeluarkan dengan hati-hati, bisa dipastikan bola mata akan ikut tertarik keluar dari tempatnya. Ini dikarenakan otak terhubung secara langsung dengan kedua bola mata melalui lobus di belakang bola mata.

Berbeda dengan keempat indera lain yang terhubung ke otak melalui sistem saraf yang berbelit-belit, indera penglihatan punya jalur khusus ke otak yang langsung memproses bayangan dan cahaya yang ditangkap oleh retina.

2. Operasi otak bisa dilakukan saat pasien dalam keadaan sadar
Pada penderita tumor otak dan kejang karena epilepsi, dokter bisa mengoperasi otak pasien sambil mengajaknya berbicara. Cara ini lebih diyakini aman dan akurat dalam memetakan bagian otak mana yang mengalami masalah, dalam kaitannya dengan kontrol penglihatan, kemampuan berbahasa dan gerak tubuh.

3. Otak tidak bisa merasakan sakit
Operasi otak bisa dilakukan saat pasien dalam kondisi sadar karena tidak ada satupun penerima rangsang nyeri di otak. Otak tidak memiliki sistem untuk mendeteksi suhu, tekanan dan bahkan kerusakan jaringan.

Pada penderita tumor atau kista di otak, sebenarnya nyeri terjadi bukan pada otak. Tekanan yang timbul tidak menyakiti otak, tetapi sebenarnya rangsang nyeri terjadi pada jaringan dan pembuluh darah yang berada di sekitar otak.

4. Otak sangat rakus akan oksigen
Meskipun komposisi otak hanya 2 persen dari total massa tubuh, bagian ini menghabiskan total 20 persen kebutuhan oksigen. Artinya, seperlima dari suplai oksigen yang masuk saat bernapas akan langsung lari ke otak.

Hal ini juga yang menyebabkan otak rentan mengalami kerusakan pada kondisi kekurangan oksigen. Jika sama sekali tidak mendapat suplai oksigen dalam waktu 4 menit saja, sel-sel otak akan mulai mengalami kematian.

5. Otak membuat manusia tidak bisa menggelitik dirinya sendiri
Manusia gampang sekali geli jika digelitik orang lain, tapi jika menggelitik dirinya sendiri malah tidak geli. Ini karena otak bisa membedakan sentuhan dari tubuh atau orang lain.

Bagian otak yang bertanggung jawab dalam mengenali sentuhan itu adalah bagian kecil yang dinamakan cerebellum. Ketika saraf mengirim sinyal adanya sentuhan dari bagian tubuh sendiri, cerebellum akan mengirimkan sinyal balasan untuk mengabaikan rangsang tersebut sehingga tidak akan terasa geli.

6. Otak juga bisa ditipu
Ilusi optik adalah salah satu contoh bagaimana otak sangat mudah untuk ditipu. Dengan kemasan ilmu pengetahuan, ilusi optik telah menjadi permainan yang mengasyikkan dan membantu memahami hal-hal yang sebelumnya tampak ajaib.

Misalnya gambar titik-titik dengan pola tertentu, jika dilihat dari sudut yang berubah-ubah akan tampak seperti sedang bergerak-gerak. Contoh lainnya adalah deretan garis sejajar yang tampak tidak sejajar dengan adanya pola tertentu yang mengacaukan penafsiran otak terhadap bayangan gambar tersebut.

taken from : http://www.detikhealth.com/read/2010/10/06/101658/1456718/766/yang-mengejutkan-dari-otak-manusia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: