Denominasi

Terdapat beragam macam denominasi dalam Kristen.

Kadang pertentangan antardenominasi terasa lebih rumit dibandingkan pertentangan antaragama.

Pihak-pihak yang mempertahankan kebenarannya sendiri tak akan mudah untuk menerima pemikiran dari orang dengan latar belakang denominasi berbeda.

Sebenarnya terjadinya interdenominasi tak lepas dari adanya perubahan terus menerus yang ada pada pemikiran, pemahaman, dan (mungkin ada yang tidak setuju) pengalaman dalam menghidupi ajaran Kristen.

Waktu zaman rasul Paulus, dia menyadari betapa berbahayanya ‘penggolongan-penggolongan’. “Aku dari golongan Paulus”, “Aku dari golongan Petrus”, “Aku dari golongan Apolos”, dll..

Bagaimana dengan saat ini? Kurang lebih hal yang sama terjadi (menurut saya). “Aku orang Lutheran”, “Aku orang Calvinis”, “Aku orang Methodist”, “Aku orang Baptis”, “Aku orang Pentakosta”, “Aku orang Kharismatik”, dll…

Siapakah Paulus? Siapa Petrus? Siapa Apolos?

Siapa Luther? Siapa Calvin?

Marthin Luther sendiri pernah mengatakan bahwa jangan sampai namanya digunakan sebagai nama suatu golongan. Namun kenyataannya, orang tidak dapat menahan hasrat untuk ‘menggolongkan’. Sehingga terbentuklah istilah Lutheran.

Apa yang kita banggakan dari setiap golongan kita? Adakah kita merasa bahwa golongan kita yang paling benar? Belum lagi kalau kita menganggap golongan lain salah, sesat, bidat, dll..

Paulus katakan, yang terpenting bukanlah siapa nya..melainkan Tuhan..Karena Dialah yang memberi pertumbuhan,

Jangan sampai denominasi menghambat kesatuan tubuh Kristus. Jangan sampai bukan lagi Tuhan yang ditinggikan dari setiap ibadah kita.

be humble wherever u go, whenever the time.

God Bless

Leave a Reply

